Penerbit Al-Ilmu Menebar Warisan Ilmu Salafush Shalih
29. 03
2007

Resensi: “Beragam Ungkapan & Pemahaman dalam Timbangan Syariat”

Ditulis oleh: Admin - Kategori: Uncategorized

Judul Indonesia : Beragam Ungkapan dan Pemahaman dalam Timbangan Syariat.
Judul Asli : Al-Manahil Lafzhiyah
Penulis : Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerjemah : Abu Zaid Resa Gunarsa
Editor : Abu Umar Al-Bankawi
Muraja’ah : Al-Ustadz Ali Basuki
Penerbit : Penerbit Al-Ilmu.
Cetakan : Pertama
Tahun Terbit : Dzulqa’dah 1427 H – Desember 2006
Harga : Rp.16.000,-
Ukuran : 14 cm x 21 cm
Jumlah Halaman : 103
Kertas Isi : HVS 70
Berat : 100 gram

Buku ini berisi pembahasan tentang beragam ungkapan dan pemahaman yang lazim digunakan oleh masyarakat, dan sejauh mana penggunaan ungkapan dan pemahaman itu dibolehkan atau dilarang sesuai timbangan syariat, seperti bolehkah kita mengucapkan “Semoga Allah melanggengkan hari-harimu?”, bolehkah memberikan sebutan ‘Almarhum’ atau ‘Almarhumah’ pada orang yang telah meninggal dunia atau apakah hukum memakai nama dengan nama ‘Iman’ atau ‘Jibril’ ? dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan lainnya.

Setiap pembahasan permasalahan dikemas dalam bentuk tanya jawab yang terdiri dari 105 permasalahan. Seperti buku-buku terjemahan yang lain, di dalam buku inipun pembaca akan banyak menjumpai beberapa istilah dan kata-kata serapan dari bahasa Arab.

Mengingat betapa pentingnya bagi setiap muslim untuk berhati-hati dan berilmu sebelum berucap dan berbuat, sebagaimana firman Allah Ta’ala :
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Q.S Al- Israa’ : 36)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda :
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam”.(Hadits Riwayat Bukhari no.6018 dan Muslim no.47).

Sehingga menjadikan buku ini menjadi sangat penting dan menarik untuk dibaca oleh setiap muslim agar tidak terjatuh dalam kesalahan–kesalahan penggunaan ungkapan dan lafazh yang mungkin saja bisa menjerumuskan kita ke dalam dosa syirik, Na’udzubillahi min dzalik.

Selain itu, pembahasan masalah yang dikemas dalam bentuk tanya jawab akan lebih memudahkan pembaca dalam memahami setiap permasalahan yang dibahas. Banyaknya istilah dan kata-kata serapan dari bahasa Arab yang terdapat dalam buku ini tentunya menuntut pihak penerjemah dan editor untuk dapat memberikan penjelasan tentang makna dan definisi dari istilah atau kata serapan tersebut kepada pembaca, karena bukanlah hal yang tidak mungkin masih banyak pembaca yang masih awam dan asing dengan istilah tersebut. Di sisi lain buku ini juga dapat membantu pembaca untuk menambah perbendaharaan kosa kata dan istilah serapan bahasa Arab.

Pepatah mengatakan ‘Tak ada gading yang tak retak’ dalam buku inipun masih dijumpai adanya kesalahan dalam pengetikan seperti kata ‘isrtinya’ seharusnya ‘Istrinya’, ‘jusrtu’ seharusnya ‘justru’ (lihat halaman : 54 dan 56). Namun demikian hal itu tidak terlalu mempengaruhi isi dan masalah yang dibahas, dan buku ini tetap penting dan menarik untuk dibaca oleh setiap muslim. Wallahu a’lamu bish-shawab.

** Resensi oleh Hermi Putrianti, Bogor.

2 Komentar »

  1. habib telah menulis komentar

    web ini sangat bagus tapi beri sedikit gambar

    February 18, 2008 @ 11:48 am

  2. Bagus S telah menulis komentar

    tolong disertai dengan cover buku agar para pembaca lebih mudah mengenali buku yang diresensi

    September 23, 2008 @ 9:24 pm

RSS feed untuk komentar tulisan ini. TrackBack URI

Tulis komentar



Penerbit Al-Ilmu

Jl.Nitipuran No.285 Sonosewu - Yogyakarta 55182 Telp/Fax:(0274)374046 - HP/SMS:0817275237